BMW Naik Level: Purna Jual Jadi Prioritas, Pelanggan Dimanjakan Habis-habisan!

JAKARTA – Sudah menyalip pemasaran Mercedes Benz pada pangsa mobil mewah di dalam Indonesia, BMW Indonesia ternyata justru tidaklah berhenti berinovasi. Yakni, melakukan konfirmasi konsumen mendapatkan pengalaman premium di hal purnajual.
Terbaru, BMW Indonesia berkolaborasi dengan BMW Ultima meresmikan Body & Paint Training Center pertama di area Asia Tenggara. Mereka juga memperluas jaringan Body & Paint resmi di tempat 2025, juga merilis layanan BMW Remote Diagnosis (RITA).
Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia, mengatakan, BMW Group Indonesia juga akan memperluas jaringan Body and Paint Center di area seluruh Indonesia. Dimulai dari BMW Ultima sebagai pusat perbaikan Body and Paint pertama juga terbesar di tempat Indonesia, sekarang BMW hadir lebih tinggi dekat dengan pelanggan di tempat Ibukota Indonesia Timur (Pulo Gadung), Surabaya, juga Medan.
“Ini bukanlah sekadar bengkel—melainkan tempat di tempat mana kami menghidupkan kembali kendaraan BMW dan juga MINI dengan ketelitian serta perhatian yang dimaksud mirip seperti pada waktu pertama kali dirakit,” kata Peter.
BMW Ultima: Pionir Layanan Purna Jual Premium
.jpg)
BMW Ultima diresmikan pada Maret 2022 sebagai prasarana perbaikan kemudian pengecatan BMW juga MINI dengan standar tertinggi dalam Indonesia. BMW Ultima menggunakan teknisi tersertifikasi, peralatan diagnostik terbaru, serta suku cadang asli BMW juga MINI, dengan akreditasi dengan segera dari BMW AG, Munich.
Pada 2023, BMW Ultima memperluas layanannya sebagai BMW Classic Partner—yang pertama di area Asia kemudian salah satu dari belaka 118 di dalam dunia. Status ini menegaskan komitmen BMW Ultima di memberikan layanan restorasi kemudian servis premium untuk kendaraan klasik BMW, dengan penyelenggaraan BMW Original Parts.
BMW Ultima meluncurkan kegiatan BMW Assurance pada Juni 2024, bekerja sebanding dengan mitra asuransi untuk memberi perbaikan lalu pengecatan berkualitas tinggi bagi pelanggan BMW juga MINI.
Selain BMW serta MINI, BMW Ultima juga melayani merek kendaraan premium lainnya. Lokasinya ada di dalam Jl. Ciater Raya No.28A, Serpong, Tangerang Selatan, BMW Ultima dapat menangani hingga 20 kendaraan sekaligus.
BMW Group Training Center

Seiring dengan perluasan jaringan Body and Paint Center, BMW Group Indonesia juga menyiapkan tenaga kerja spesialis untuk mempertahankan standar tinggi BMW. Untuk itu, BMW Group Training Center pertama pada Asia Tenggara diresmikan, hasil kolaborasi dengan BMW Ultima.
“Pusat pelatihan ini menegaskan komitmen kami untuk mengembangkan sumber daya lokal serta memverifikasi bahwa setiap teknisi yang digunakan menangani kendaraan BMW atau MINI sudah pernah menerima pelatihan berstandar internasional,” jelas Peter.
Rudy Kusmanto, Managing Director BMW Ultima, menambahkan bhawa BMW Ultima menjadi satu-satunya Approved Body & Paint Center di tempat Indonesia. “BMW Group Training Center juga pertama di tempat Asia Tenggara dan juga berlokasi di tempat Indonesia,” ungkapnya.
“Pusat pelatihan ini berfokus pada pembelajaran segera (hands-on), menggunakan peralatan dan juga perlengkapan yang dimaksud identik seperti yang digunakan pada pusat layanan resmi BMW,” kata Rudy.
BMW Remote Diagnosis Service (RITA): Teknisi BMW pada Ujung Jari
Mahalingam Maganderalingam, Director of Customer Support BMW Group Indonesia, menjelaskan kegiatan Ramadan BMW dan juga terobosan baru dalam bidang purna jual, yaitu BMW Remote Diagnosis Service (RITA).
RITA adalah layanan yang dimaksud memungkinkan teknisi BMW terhubung segera ke kendaraan Anda dari jarak terpencil untuk mengakses data diagnostik secara instan.
“Ketika lampu peringatan serius menyala atau terdengar ucapan yang bukan biasa, RITA memungkinkan teknisi kami untuk terhubung segera ke kendaraan Anda dari jarak sangat jauh kemudian mengakses data diagnostik secara instan—tanpa perlu kunjungan awal ke bengkel,” jelas Mahalingam.
Baca Juga: Joy of Ramadan Gathering with BMW: Relax, We Care
Kemampuan RITA:
– Membaca arahan Check Control serta melakukan pemesanan suku cadang jikalau diperlukan.
– Menemukan pemicu kesulitan pada kendaraan tanpa harus dibawa ke bengkel.
– Melakukan pembaruan perangkat lunak tertentu dari jarak jauh.
– Memberikan panduan secara langsung apakah kendaraan aman untuk terus dikendarai.
– Menjadwalkan janji servis berdasarkan data aktualkendaraan.