Ekonomi Bisnis

Perkuat Branding lewat Kemasan, Custoom.in Bantu UMKM Naik Kelas

JAKARTA – Di era industri F&B yang semakin kompetitif, kemasan tidak lagi sekadar pembungkus produk, tetapi juga menjadi bagian dari strategi pemasaran yang digunakan efektif. Kemasan tidak ada cuma berfungsi sebagai identitas produk, tetapi juga mampu menarik perhatian konsumen serta menguatkan branding.

Kesan pertama sangat menentukan. Kemasan yang tersebut menarik dapat memikat pelanggan bahkan sebelum dia mencicipi produk. Warna, desain, serta substansi kemasan yang digunakan unik dapat menimbulkan hasil lebih banyak menonjol di area antara kompetitor.

Sayangnya, masih berbagai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan juga Menengah ( UMKM ) yang digunakan belum menyadari betapa besar dampak kemasan terhadap daya saing komoditas mereka. Bagi pelaku UMKM, kemasan yang mana menarik juga fungsional dapat meningkatkan daya saing, merancang identitas brand, juga menarik lebih lanjut banyak pelanggan.

Muhammad Azizan selaku co-founder dari Custoom.in mengawasi prospek tersebut, ia memahami bahwa kemasan yang berkualitas memegang peranan yang digunakan penting agar produk-produk UMKM naik kelas. Inilah yang dimaksud menjadi alasan hadirnya Custoom.in, layanan custom printing serta packaging kreatif pertama dalam Indonesia yang dimaksud berdedikasi membantu UMKM meningkatkan nilai jual item melalui kemasan berkualitas.

Berawal dari Kepedulian untuk UMKM

Didirikan pada tahun 2020, Custoom.in lahir dari perhatikan terhadap perkembangan UMKM pada Indonesia. Banyak pelaku perusahaan pemula yang mana masih menganggap kemasan cuma sebagai pelengkap, padahal kemasan yang dimaksud menarik serta profesional mampu memproduksi komoditas lebih besar unggul di tempat pasaran.

“Custoom.in berawal dari perhatikan kita terhadap kemajuan UMKM di dalam Indonesia. Di mana masih berbagai pelaku perusahaan pemula yang mana tidaklah tahu bahwa branding kemasan sangat penting untuk kemajuan sebuah bisnis. Untuk itu dengan keahlian kami, cita-cita kami agar UMK di tempat Indonesia bukan belaka mempunyai bidang usaha alakadarnya namun juga mampu bersaing di dalam kelas dunia,” ujar Muhammad Azizan ketika ditemui pada Selasa, 18 Maret 2025 di dalam sela-sela kesibukannya.

Kemasan yang digunakan baik melindungi makanan dari kontaminasi, menjaga kesegarannya, dan juga menegaskan komoditas sampai ke pelanggan pada kondisi terbaik. Hal ini sangat penting bagi UMKM yang digunakan mengandalkan pengiriman online atau layanan take-away.

Solusi Kemasan yang dimaksud Mengubah Kebutuhan Bisnis

Sebagai percetakan kemasan yang tersebut berfokus pada branding, Custoom.in menawarkan berbagai solusi custom packaging untuk UMKM maupun brand profesional. Mulai dari kardus, packaging, label, hingga stiker kemasan, semua dapat disesuaikan dengan keperluan bisnis.

“Custoom.in memiliki tambahan dari 1.000 template kemasan berbagai ukuran yang dimaksud rutin digunakan untuk packaging, sehingga customer sanggup memesan di jumlah keseluruhan yang dimaksud relatif kecil cukup dengan 500 pcs per pesanan,” ungkap pria yang digunakan hobi fotografi tersebut.

Related Articles

Back to top button